A. Visi SD Negeri Tompokersan 03
Menyelenggarakan lembaga pendidikan yang mengutamakan
keteladanan dan kasih sayang untuk mewujudkan generasi pelajar Pancasila yang sehat,
cerdas, unggul dalam IMTAQ dan IPTEK, serta berwawasan global
Indikator Visi
1.
Membudayanya
keteladanan dan kasih sayang dalam proses pembelajaran
2.
Terwujudnya
guru yang berkualitas
3.
Terwujudnya
siswa yang sehat dan cerdas
4.
Tertanamnya
iman dan taqwa dalam diri siswa
5.
Unggul
dalam prestasi akademik dan non akademik
6.
Unggul
dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi
B. Misi SD
Negeri Tompokersan 03
1. Menekankan konsep keteladanan yang
baik dalam proses mendidik dan belajar mengajar baik di kelas maupun di luar
kelas
2. Membudayakan kasih sayang untuk
mewujudkan siswa yang bersahabat, berempati , peduli, menghargai sesama, dan
bertoleransi ditengah masyarakat yang beragam.
3. Meningkatkan kemampuan guru dalam
mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi
peserta didik serta adaptif dengan perkembangan ilmu pendidikan mutakhir.
4. Melaksanakan proses belajar
mengajar yang mencerdaskan dengan basis pemahaman dan penerapan dalam kehidupan
sehari-hari
5. Menumbuhkembangkan
profil pelajar yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia, berbinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif.
6. Mengembangkan
potensi siswa secara optimal sesuai dengan bidang dan karakteristik yang
dimiliki menuju tertercapaian prestasi yang unggul
7. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka membangun manusia Indonesia seutuhnya
sesuai dengan tujuan pembangunan nasional.
8.
Melaksanakan
pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan
berkualitas yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi
9.
Mengembangkan budaya kerjasama yang
harmonis dan kondusif bagi semua warga sekolah untuk meningkatkan kreatifitas
dan etos kerja yang tinggi serta memiliki wawasan global.
C. Tujuan
Tujuan
yang diharapkan oleh SD Negeri Tompokersan 03 dalam implementasi kurikulum
sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah
sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)
a.
Membuat panduan untuk guru dalam
rangka menempatkan guru sebagai sosok yang dapat dijadikan keteladanan bagi
siswa dan semua warga sekolah.
b.
Mengoptimalkan sarana
prasana sekolah untuk
menunjang rancangan pembelajaran
terutama jaringan internet yang baik.
c.
Menyelenggarakan proses pembelajaran
yang terintegrasi dengan teknologi komunikasi mutahir
d.
Mengoptimalkan LMS (Learning
Menegemen Sistem) menjadi media dan sumber belajar untuk siswa.
e.
Membentuk peserta didik yang taat
dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
f.
Meningkatkan simpati dan empati
peserta didik dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial dan amal.
g.
Merancang program sekolah untuk
mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat dengan tetap
mengembangkan potensi lokal daerah
h.
Melaksanakan program dan
pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas dengan
mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi siswa secara komprehensif.
i.
Memetakan kemampuan dan potensi siswa
secara mendalam untuk mendapatkakan gambaran yang baik sehingga program
pembimbingan sesuai dengan potensi siswa.
2. Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)
a.
Meningkatkan pelayanan kepada
siswa, orang tua dan warga sekolah dalam rangka menyajikan informasi tentang
perkembangan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah dengan
memanfaatkan teknologi komunikasi
b.
Mengembangkan program evaluasi
secara berkelanjutan terhadap performa guru dan tenaga pendidikan sehingga
keteladanan bagi siswa dapat tetap terjaga
c.
Mengembangkan program-program yang
menunjang karakter kasih sayang dengan kegiatan kemasyarakatan dan kunjungan
sosial.
d.
Merancang pembelajaran khas SDN
Tompokersan 03 dengan mengedepankan terwujudnya profil pelajar Pancasila.
e.
Memberikan kesadaran akan
pentingnya menjaga kesehatan dengan program pemeriksaan kesehatan, konsultasi
kesehatan, dan program dokter kecil.
f.
Memberikan apresiasi bagi siswa dan
guru yang mempu menghasilkan produk literasi yang berkualitas.
g.
Meningkatkan kemampuan peserta
didik dalam menghafal surat-surat pendek dengan program cinta menghafal
Al-quran
h.
Memotivasi peserta
didik untuk menggagas
inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
i.
Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang
optimal dalam mengembangkan
prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.
j.
Membangun jaringan pendidikan
dengan sekolah lain yang memiliki kualitas yang lebih baik dalam rangka
peningkatan kualitas sekolah secara menyeluruh
3.
Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)
a.
Peningkatan profesional guru dengan
menyelenggarakan kegaitan seminar pendidikan secara rutin dengan narasumber
dari dalam maupun dari luar sekolah.
b.
Memberikan apresiasi untuk siswa
dan guru yang dipilih oleh warga sekolah menjadi siswa dan guru teladan
c.
Menyelenggarakan penerapan karakter
kasih sayang dengan program yang ditujukan kepada orang tua siswa dengan
harapan pengkondisian disekolah dapat diterapkan di rumah dan lingkungan siswa
d.
Membentuk peserta didik yang
berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial serta mampu menerapkan sikap
toleransi dalam kehidupan beragama.
e.
Menyusun pembelajaran
dengan bahan ajar
mandiri dengan memasukkan
kearifan lokal Lumajang untuk menanamkan kecintaan siswa pada keunikan
daerahnya.
f.
Menjalin kerjasama dengan pihak
luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang
memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
g.
Membuat berbagai jenis media
pembelajaran digital mandiri dan memanfaatkan berbagai jenis platform untuk
publikasinya.
h.
Menyertakan siswa dan guru dalam
forum-forum ilmiah, lokakarya, serta kompetisi dalam bidang ilmu pengetahuan
dan teknologi.
i.
Menjadikan sekolah sebagai agen
literasi yang mampu menfasilitasi guru dan siswa untuk menerbitkan karya mereka
dalam bentuk buku yang ber-ISBN
D. Kompetensi Karakteristik Kekhasan Lulusan
Sekolah
Sekolah
sebagai tempat menempuh ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter generasi
bangsa. Profil Pelajar Pancasila diharapkan mampu membentuk sumber daya manusia
yang unggul sebagai pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global
dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Dalam
pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah, maka disusun kompetensi lulusan
peserta didik SDN Tompokersan 03 sebagai alat ukur pencapaian kurikulum dan
target pelaksanaan proses pembelajaran pelaksanaan kurikulum operasional SD
Negeri Tompokersan 03.
Adapun
kompetensi lulusan SD Negeri Tompokersan 03 mempertimbangkan dimensi sikap,
pengetahuan dan keterampilan secara berimbang sesuai capaian pembelajaran pada
setiap fase di sekolah dasar, membentuk Profil Pelajar Pancasila, dan inovatif,
tangguh dan memiliki kecakapan hidup yang dibutuhkan untuk masa depannya.
Berikut
adalah kompetensi lulusan yang ingin dicapai SD Negeri Tompokersan 03
1.
Memiliki kesadaran sebagai mahkluk
ciptaan Tuhan yang beriman dan bertaqwa
2.
Memiliki perilaku yang baik dan
dapat menjadi teladan bagi orang disekitarnya.
3.
Memiliki perilaku yang mencerminkan
kasih sayang untuk sesamanya.
4.
Memiliki sifat jujur, kreativitas, mandiri
dan inovatif dalam
menjawab tantangan perkembangan
zaman.
5.
Memiliki kesadaran untuk terus
menjadi kesehatan baik lahiriah dan batiniah
6.
Memiliki pengetahuan, keterampilan,
bernalar kritis dan mampu berkomunikasi efektif sebagai dasar mengembangkan
kecakapan hidup.
7.
Membentuk individu sebagai
pembelajar sejati yang memiliki kesadaran untuk belajar sepanjang hayat
8.
Memiliki kemampuan untuk menuangkan
gagasan dan ide dalam bentuk karya tulis
9.
Memiliki kemampuan memanfaatkan
teknologi untuk mendapatkan informasi, berkomunikasi dan membangun jaringan
yang lebih luas.
Adapun
kriteria untuk kelulusan peserta didik dari SD Negeri Tompokersan 03 adalah
sebagai berikut:
a. menyelesaikan
seluruh program pembelajaran,
b. memiliki
deskripsi sikap minimal
baik sesuai dengan
kriteria yang telah ditetapkan,
c. lulus ujian sekolah,
d. mencapai
nilai rata-rata pencapaian minimal sekolah paling rendah 70,
Tidak ada komentar :
Posting Komentar