Visi dan Misi SDN Tompokersan 03 Tahun 2022 -->

Visi dan Misi SDN Tompokersan 03 Tahun 2022

 


A.     Visi SD Negeri Tompokersan 03

 

Menyelenggarakan lembaga pendidikan yang mengutamakan keteladanan dan kasih sayang untuk mewujudkan generasi pelajar Pancasila yang sehat, cerdas, unggul dalam IMTAQ dan IPTEK, serta berwawasan global

 

Indikator Visi

1.       Membudayanya keteladanan dan kasih sayang dalam proses pembelajaran

2.       Terwujudnya guru yang berkualitas

3.       Terwujudnya siswa yang sehat dan cerdas

4.       Tertanamnya iman dan taqwa dalam diri siswa

5.       Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik

6.       Unggul dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi

 

B.     Misi SD Negeri Tompokersan 03

 

1.   Menekankan konsep keteladanan yang baik dalam proses mendidik dan belajar mengajar baik di kelas maupun di luar kelas

2.     Membudayakan kasih sayang untuk mewujudkan siswa yang bersahabat, berempati , peduli, menghargai sesama, dan bertoleransi ditengah masyarakat yang beragam.

3. Meningkatkan kemampuan guru dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik serta adaptif dengan perkembangan ilmu pendidikan mutakhir.

4. Melaksanakan proses belajar mengajar yang mencerdaskan dengan basis pemahaman dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari

5.   Menumbuhkembangkan profil pelajar yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berbinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif.

6.   Mengembangkan potensi siswa secara optimal sesuai dengan bidang dan karakteristik yang dimiliki menuju tertercapaian prestasi yang unggul

7.     Menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka membangun manusia Indonesia seutuhnya sesuai dengan tujuan pembangunan nasional.

8.       Melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan berkualitas yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi

9.       Mengembangkan budaya kerjasama yang harmonis dan kondusif bagi semua warga sekolah untuk meningkatkan kreatifitas dan etos kerja yang tinggi serta memiliki wawasan global.

 

C.     Tujuan

Tujuan yang diharapkan oleh SD Negeri Tompokersan 03 dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

1.   Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)

a.     Membuat panduan untuk guru dalam rangka menempatkan guru sebagai sosok yang dapat dijadikan keteladanan bagi siswa dan semua warga sekolah.

b.     Mengoptimalkan   sarana   prasana   sekolah   untuk   menunjang   rancangan pembelajaran terutama jaringan internet yang baik.

c.     Menyelenggarakan proses pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi komunikasi mutahir

d.     Mengoptimalkan LMS (Learning Menegemen Sistem) menjadi media dan sumber belajar untuk siswa.

e.     Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.

f.       Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial dan amal.

g.     Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat dengan tetap mengembangkan potensi lokal daerah

h.     Melaksanakan program dan pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas dengan mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi siswa secara komprehensif.

i.       Memetakan kemampuan dan potensi siswa secara mendalam untuk mendapatkakan gambaran yang baik sehingga program pembimbingan sesuai dengan potensi siswa.

 

2.   Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)

 

a.     Meningkatkan pelayanan kepada siswa, orang tua dan warga sekolah dalam rangka menyajikan informasi tentang perkembangan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah dengan memanfaatkan teknologi komunikasi

b.     Mengembangkan program evaluasi secara berkelanjutan terhadap performa guru dan tenaga pendidikan sehingga keteladanan bagi siswa dapat tetap terjaga

c.     Mengembangkan program-program yang menunjang karakter kasih sayang dengan kegiatan kemasyarakatan dan kunjungan sosial.

d.     Merancang pembelajaran khas SDN Tompokersan 03 dengan mengedepankan terwujudnya profil pelajar Pancasila.

e.     Memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dengan program pemeriksaan kesehatan, konsultasi kesehatan, dan program dokter kecil.

f.       Memberikan apresiasi bagi siswa dan guru yang mempu menghasilkan produk literasi yang berkualitas.

g.     Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek dengan program cinta menghafal Al-quran

h.     Memotivasi   peserta   didik   untuk   menggagas   inovasi   sederhana   untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.

i.       Menyelenggarakan     kegiatan     ekstrakurikuler     yang     optimal     dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.

j.       Membangun jaringan pendidikan dengan sekolah lain yang memiliki kualitas yang lebih baik dalam rangka peningkatan kualitas sekolah secara menyeluruh

 

3. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)

 

a.     Peningkatan profesional guru dengan menyelenggarakan kegaitan seminar pendidikan secara rutin dengan narasumber dari dalam maupun dari luar sekolah.

b.     Memberikan apresiasi untuk siswa dan guru yang dipilih oleh warga sekolah menjadi siswa dan guru teladan

c.     Menyelenggarakan penerapan karakter kasih sayang dengan program yang ditujukan kepada orang tua siswa dengan harapan pengkondisian disekolah dapat diterapkan di rumah dan lingkungan siswa

d.     Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial serta mampu menerapkan sikap toleransi dalam kehidupan beragama.

e.     Menyusun  pembelajaran  dengan  bahan  ajar  mandiri  dengan memasukkan kearifan lokal Lumajang untuk menanamkan kecintaan siswa pada keunikan daerahnya.

f.       Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri)   untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.

g.     Membuat berbagai jenis media pembelajaran digital mandiri dan memanfaatkan berbagai jenis platform untuk publikasinya.

h.     Menyertakan siswa dan guru dalam forum-forum ilmiah, lokakarya, serta kompetisi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

i.       Menjadikan sekolah sebagai agen literasi yang mampu menfasilitasi guru dan siswa untuk menerbitkan karya mereka dalam bentuk buku yang ber-ISBN

 

D.   Kompetensi Karakteristik Kekhasan Lulusan Sekolah

Sekolah sebagai tempat menempuh ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter generasi bangsa. Profil Pelajar Pancasila diharapkan mampu membentuk sumber daya manusia yang unggul sebagai pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Dalam pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah, maka disusun kompetensi lulusan peserta didik SDN Tompokersan 03 sebagai alat ukur pencapaian kurikulum dan target pelaksanaan proses pembelajaran pelaksanaan kurikulum operasional SD Negeri Tompokersan 03.

Adapun kompetensi lulusan SD Negeri Tompokersan 03 mempertimbangkan dimensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara berimbang sesuai capaian pembelajaran pada setiap fase di sekolah dasar, membentuk Profil Pelajar Pancasila, dan inovatif, tangguh dan memiliki kecakapan hidup yang dibutuhkan untuk masa depannya.

Berikut adalah kompetensi lulusan yang ingin dicapai SD Negeri Tompokersan 03

1.      Memiliki kesadaran sebagai mahkluk ciptaan Tuhan yang beriman dan bertaqwa

2.      Memiliki perilaku yang baik dan dapat menjadi teladan bagi orang disekitarnya.

3.      Memiliki perilaku yang mencerminkan kasih sayang untuk sesamanya.

4.      Memiliki sifat jujur, kreativitas, mandiri dan  inovatif  dalam  menjawab  tantangan perkembangan zaman.

5.      Memiliki kesadaran untuk terus menjadi kesehatan baik lahiriah dan batiniah

6.      Memiliki pengetahuan, keterampilan, bernalar kritis dan mampu berkomunikasi efektif sebagai dasar mengembangkan kecakapan hidup.

7.      Membentuk individu sebagai pembelajar sejati yang memiliki kesadaran untuk belajar sepanjang hayat

8.      Memiliki kemampuan untuk menuangkan gagasan dan ide dalam bentuk karya tulis

9.      Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan informasi, berkomunikasi dan membangun jaringan yang lebih luas.

 

Adapun kriteria untuk kelulusan peserta didik dari SD Negeri Tompokersan 03 adalah sebagai berikut:

a.   menyelesaikan seluruh program pembelajaran,

b.   memiliki  deskripsi  sikap  minimal  baik  sesuai  dengan  kriteria  yang  telah ditetapkan,

c.    lulus ujian sekolah,

d.   mencapai nilai rata-rata pencapaian minimal sekolah paling rendah 70,

 

 

 

 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar